Monday, March 3, 2008

Obesitas & Gaya Hidup Sehat

Bagi sebagian orang, obesitas mungkin dianggap sebagai musibah karena penderita obesitas rawan untuk terkena penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, batu empedu, maupun asam urat. Agar terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan, maka kita harus mengetahui dahulu penyebabnya. Faktor keturunan (genetik) Kita mungkin saja berbakat gemuk karena terlahir dari orangtua yang juga berukuran besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang salah satu orangtuanya adalah obesitas akan mempunyai kecenderungan 40-50% untuk menjadi gemuk juga. Peluang tersebut akan meningkat menjadi 70-80% jika kedua orangtuanya menderita obesitas. Pengaruh gaya hidup Pola atau kebiasaan makan, pemilihan makanan, cara menggunakan energi, serta cara kita dalam mengelola stres ternyata dapat mempengaruhi terjadinya obesitas. Antara faktor emosi dan selera makan ternyata memiliki hubungan yang erat karena hormon yang dikeluarkan pada saat emosi diduga akan berakibat pada peningkatan metabolisme tubuh sehingga menyebabkan penurunan kadar gula darah dan menimbulkan rasa lapar. Yang perlu diperhatikan juga adalah kebiasaan makan di keluarga. Penderita obesitas ternyata umumnya berasal dari keluarga yang memiliki kebiasaan makan dalam porsi besar, frekuensi makan lebih sering, selalu mempunyai persediaan makanan kecil di dapur, dan sering ngemil di luar waktu makan. Sebenarnya kita boleh saja mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kita suka, namun yang paling penting adalah sudah sehatkah gaya hidup kita selama ini. Faktor penyebab obesitas akibat faktor genetik memang tak mungkin dihindari, namun kita masih bisa mengubah gaya hidup kita ke arah yang lebih sehat agar terhindar dari obesitas seperti:

Tidak lupa sarapan setiap pagi.

Sebaiknya jangan pernah melewatkan sarapan karena sarapan berguna bagi tubuh untuk mendapatkan energi. Energi yang diperoleh dari makanan akan digunakan tubuh setelah perut semalaman dalam keadaan kosong. Jika ini tidak terpenuhi, maka tubuh akan mengalami rasa lapar yang lebih kuat sehingga porsi makan siang kita akan lebih banyak dibandingkan jumlah yang kita butuhkan.

Mengonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat itu antara lain buah-buahan segar dan sayuran yang mengandung serat. Serat akan membantu mengurangi penyerapan lemak dan juga menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Olahraga teratur.

Olahraga akan mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh kita.Usaha mengubah perilaku kita sehari-hari untuk menuju hidup yang lebih sehat memang perlu dilakukan secara terus-menerus dan memerlukan motivasi serta disiplin diri yang kuat agar keinginan kita tersebut bisa tercapai.

referensi : infosehat.com

3 comments:

B1G M4STER said...

Wi, klo buat nge-gemukin bdn gw gmana caranya?? Klo loe ada tips-nya jgn lupa kasih tau gw yaa.. Ok??!

B1G M4STER said...

Wi.., jgn lupa kunjungin blog gw yang baru yaa. Sekalian kasih comment ke gw nantinya. Byee...!!!

B1G M4STER said...

Btw, blog gw yg baru ga jauh dari hal yang berbau music. Kunjungi : kedaimusic.blogspot.com